Powered By Blogger

Saturday, February 19, 2011

WRITING IDEA

Hari ini saya mengikuti SSDK, dimana membahas topik mengenai 'writing idea'. Saya memilih topik ini karena ketertarikan saya terhadap menulis dan keinginan untuk mampu mengelola atau menuangkan ide-ide yang saya miliki dalam bentuk tulisan, yang mana tulisan tersebut menarik dan dapat tersampaikan kepada para pembaca (orang banyak). 
Topik ini sangat berguna bagi saya. Seperti kata kakak trainernya bahwa ada Tridarma Perguruan Tinggi yaitu; pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Menulis sangat berguna untuk pendidikan, misalnya saat kuis maupun Ujian, kita harus mampu menjabarkan atau menulis dengan tepat jawabannya agar yang memeriksa lembaran kita dapat mengerti apa yang kita tulis (dosen).Untuk itu kita harus memperkaya ilmu dengan banyak membaca agar apa yang kita tulis nantinya tidak ngawur dan tepat. Manfaat kemampuan menulis untuk sebuah penelitian misalkan untuk menulis jurnal atau laporan. Kita membutuhkan trik-trik atau tata cara menulis yang tepat agar tulisan kita tersebut dapat dimengerti dan diambil manfaatnya oleh orang yang membaca. Sedangkan dalam hal bermasyarakat kita membutuhkan kemampuan menulis seperti untuk menulis proposal. Kita harus mampu membuat orang yang membaca proposal tersebut tertarik dan menerima proposal yang kita ajukan.
 Saya diberitahu mengenai beberapa tahapan yang dilakukan untuk menulis, saya sedikit lupa urutannya tapi saya akan coba berbagi sedikit data-data yang saya ingat. Pertama-tama kita harus menentukan tujuan dari tulisan kita tersebut. Lalu kita lakukan observasi untuk menambah atau mengumpulkan data-data untuk tulisan kita. Kemudian kita mulai menganalisa data-data yang kita punya, buat sistematika penulisannya atau kerangka karangan. Tujuan melakukan hal ini agar tulisan yang kita buat akurat, padat, dan tepat.
Agar dapat menulis dengan baik, ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk menambah pembendaharaan informasi yang kita miliki. Pada SSDK ini saya memperoleh beberapa hal yang bisa dikukan, yaitu membaca, jalan-jalan, dan seaching informasi di internet. Itulah beberapa hal yang bisa saya bagikan kepada para pembaca dari pengalaman daya hari ini. Semoga bermanfaat! dan selamat menulis!

Terimakasih kepada penyelenggara SSDK, dan juga para trainer.

note: "Disaat kamu ingin menulis, maka perbanyaklah membaca. Disaat kamu ingin presentasi, perbanyaklah mendengarkan".

No comments:

Post a Comment